Kabar Gembira karena Tes CPNS yang selama ini ditunggu-tunggu banyak pihak, diprediksi akan dibuka pada Februari 2018. Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Sarolangun, Sudirman, Seperti dikutip dari independent.co.id Rabu (6/12).
 

"Ini baru perkiraan, kemungkinan Februari 2018 mendatang. Waktu pastinya belum dijelaskan tapi masih menunggu proses penerimaan CPNS pusat selesai pemberkasan," ungkapnya.
Ia mengaku jika pihaknya telah mengusulkan formasi CPNS ke pusat sesuai dengan petunjuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), sekitar 6 bulan lalu. "Sarolangun sesuai dengan kebutuhan dan sudah kita ajukan ke Pusat," sebutnya.
Semua daerah masih menunggu keputusan dari Pusat. "Seluruh Indonesia juga menunggu berapa formasinya, kapan diumumkan dan kapan dilaksanakan tes CPNS," tambahnya.
Untuk menentukan formasi dan kapan dilaksanakan tes CPNS, hanya pemerintah pusat yang berwenang melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang terdiri dari orang-orang dari perguruan tinggi seperti UI, UGM dan sebagainya. "Tapi yang jelas Universitas papan atas," sebutnya.
Disinggung soal kebutuhan PNS di Sarolangun, sekitar 600 PNS. "Karena banyak yang pensiun dan banyak yang mutasi ke daerah lain," ujarnya.
Formasi paling banyak dibutuhkan, yakni tenaga pendidik atau guru semua jurusan. Namun pihaknya tetap membatasi diri untuk TK, SD dan SMP dan. Sementara untuk SMA sederajat kewenangannya pindah ke Provinsi.
Tak hanya tenaga pendidik, menurut Sudirman, dokter dan Bidan semua jurusan serta tenaga ahli-ahli kesehatan lainya. "Kemudian tenaga infrastruktur seperti tekhnik semua jurusan. Mengenai kebutuhan lainnya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Tapi formasinya tidak sebanyak yang tiga itu," jelasnya.
Jika memang Februari dibuka CPNS, maka para peminat bisa melakukan pendaftaran pada Februari itu juga. "Dan pasti kita diumumkan, karena sifatnya penerimaan CPNS itu adalah transparan dan akuntabel," ujarnya.
Mengenai pelaksanaan tes CPNS, pihaknya akan tunduk pada aturan pusat. "Jadi kita tetap menggunakan sistim Computer Assited Test (CAT) yang kelulusannya ditentukan pada saat itu juga. Itulah bentuk akuntabilitasnya. Dan isu yang beredar menggunakan duit itu tidak lah benar," pungkasnya. (skm/rs/ira)
Axact

Berita PNS Terbaru

Berita dan informasi seputar pns, info lowongan kerja, info cpns, pns, bumn, loker, honorer, menpan terupdate.

Post A Comment:

0 comments: