Kementerian Sosial (Kemensos) berencana membuka lowongan kerja untuk posisi supervisor dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). 


"Dalam waktu dekat Kemensos akan membuka peluang kerja bagi masyarakat," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa usai menghadiri acara wisuda di STKS Bandung, Selasa (3/10/2017). 

Khofifah menyebut dibutuhkan sekitar 5.013 orang untuk posisi supervisor dan sekitar 2.000 orang pendamping PKH. Program lowongan tersebut adalah sebagai bentuk penguatan program terkait penurunan kemiskinan dan kelaparan di Indonesia. 
"Yang memiliki efektifitas paling tinggi dalam penurunan hal itu ada supervisor dan pendamping PKH," katanya. 

Disinggung apakah nantinya program tersebut masuk dalam tahapan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Khofifah mengatakan hal itu akan berbeda. Sebab panitia CPNS terpusat di BKN dan Kemenpan RB. 

"Kalau sekarang tidak ada lagi. Semua proses formal," ucapnya. 

INFO PENERIMAAN TENAGA PKH KEMENTERIAN SOSIAL 2017
Sampai tahun 2017 jumlah SDM PKH sebanyak 25.012 orang
Dalam rangka perluasan PKH dari 6 juta menuju 10 juta KPM tahun 2018 diperlukan 16.092 orang antara lain :
- Pendamping sosial sebanyak 14.227 orang
- Pekerja Sosial Supervisor sebanyak 877 orang
- Administrator Database 607 orang
- Asisten Pendamping 172 orang bagi TKSK.
Ketiga jabatan tersebut diumumkan melalui Website https://www.kemsos.go.id sejak tgl 7 Oktober 2017. Adapun pendaftaran menggunakan aplikasi berbasis android dengan nama "Seleksi SDM PKH Tahun 2018" mulai tanggal 9 Oktober 2017 Jam 00:00 WIB.
Selain itu juga akan direkrut
- Koordinator kab/kota sebanyak 193 orang
- Koordinator wilayah sebanyak 9 orang
- Koordinator Regional sebanyak 7 orang
Persyaratan untuk Pendamping Sosial pendidikan terendah Diploma IV/ S1 rumpun Ilmu2 Sosial, diutamakan jurusan Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial.
Persyaratan untuk Pekerja Sosial Supervisor hanya untuk pendidikan terendah Diploma IV/ S1 Ilmu Pekerjaan Sosial/ Ilmu Kesejahteraan Sosial.
Pekerja Sosial Supervisor PKH merupakan inisiatif baru untuk memastikan pelaksanaan Family Development Session berkualitas sesuai dengan prinsip-prinsip praktek Pekerjaan Sosial bersama Keluarga dan Anak (Social Work with Family and Children). Selain itu mempunyai tugas merespon pengaduan masyarakat dan Cases Management termasuk konseling keluarga.
Pada saat rekrutmen tahun 2016 pendamping PKH dengan latar belakang pendidikan Pekerjaan Sosial terpilih 3679 orang dari 8700 pendamping baru yang sudah bekerja di seluruh Indonesia.
Jenjang karir fungsional dalam PKH selain menjadi Supervisor, bisa menjadi Koordinator Kabupaten/Kota, Kordinator Wilayah, Koordinator Regional dan Tenaga Ahli Pekerjaan Sosial.

Axact

Berita PNS Terbaru

Berita dan informasi seputar pns, info lowongan kerja, info cpns, pns, bumn, loker, honorer, menpan terupdate.

Post A Comment:

0 comments: