Menjadi Pegawai Negeri sipil merupakan impian dari banyak orang, Kenapa?. Jawabannya adalah karena Negara telah menjamin kesejahteraan PNS mulai saat sah menjadi CPNS sampai pensiun bahkan setelah wafat sekalipun PNS tetap diberikan uang pertanggungan bagi keluarga yang ditinggalkan. Selain itu pekerjaan Menjadi ASN/PNS seperti kita lihat flashback kebelakang adalah pekerjaan yang sangat santai dan tidak menguras tenaga seperti pekerja swasta yang lain seperti Pegawai Bank Misalnya yang intensitas dan quantitas pekerjaannya sangat berat. Oleh karena itu sudah sewajarnya Menjadi PNS adalah pekerjaan yang sangat di idam-idamkan banyak orang.
 
Namun juga bukan menjadi rahasia umum kalo untuk menjadi PNS itu sangatlah mudah dan persaingan sangatlah ketat sekali, mulai dari persaingan yang secara sehat sampai persaingan secara tidak sehat (Sogok menyogok) pun juga banyak.

Para pendaftar CPNS yang sedang mnegirim berkas pendaftaran online di kantor POS
Saking primadonanya Penerimaan CPNS dari tahun ketahun menjadi penantian banyak orang.  Namun semenjak Pemerintahan Presiden jokowi harapan menjadi PNS harus ditunda karena adanya Moratorium CPNS sampai 2019 karena Pemerintah mengganggap APBN telah membengkak untuk belanja pegawai.
Meskipun Moratorium CPNS tetap diberlakukan, namun Pemerintah tetap melakukan perekrutan cpns lewat jalur khusus. Jadi CPNS yang dibuka hanya posisi strategis yang tidak boleh kosong akibat telah ditinggalkan oleh pns pensiun. Perekrutan CPNS baru juga harus sesuai dengan Program nawa cita Presiden Jokowi dan tetap pada prinsip zero Growth.
Pada tahun 2016 Pemerintah telah membuka kesempatan kepada Guru Garis Depan, Penyuluh pertanian dan Bidan PTT untuk menjadi PNS lewat jalur khusus. Dan begitu juga tahun ini pemerintah telah membuka CPNS Jalur khusus untuk Kementerian Hukum dan Ham Serta Mahkamah Agung.

Nah bagaimana sobat masih kepengen jadi PNS Bukan, oleh karena itu persiapkan diri anda karena mulai 1 Agustus 2017 CPNS Kemenkumham dan MA resmi dibuka pedaftaran onlinenya. Namun terlebih dagulu sobat harus tahu alur Pendaftaran CPNS 2017 yang sobat akan lalui jika mau mendaftar pada cpns Kemenkumham dan MA. Berikut alur pendaftaran CPNS 2017 tersebut:

1. Registrasi
Registrasi adalah alur yang harus anda lalui jika ingin mendaftar cpns. Tahap registrasi ini sudah tidak asing bagi anda yang sudah mengajukan lamaran pada suatu lowongan pekerjaan. Dimana tahap registrasi ini merupakan tahap krusial bagi anda karena banyak pelamar yang gugur pada tahap registrasi ini karena berkas yang diajukan tidak sesuia dan persyaratan tidak terpenuhi. Oleh karena itu sebelum melakukan registrasi pelajari dulu persyaratan CPNS yang dibuka, lengkapi berkas anda terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum mendaftar, terlebih lagi jika pendaftaran melalui Online seperti cpns Kemenkumham dan MA kali ini pendaftarannya melalui online ke website pendaftaran CPNS pemerintah di alamat website:sscn.bkn.go.id.
Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat mendaftar CPNS secara online adalah berkas yang diperlukan sudah ditangan, isilah data pada form pendaftaran online dengan Teliti, jangan sampai ada yang salah karena tahap ini sangat krusial. Pada pendaftaran online kita biasanya diberikan password login yang harus anda ingat dan Simpan agar tidak sampai lupa pada saat membuka nanti untuk melihat pengumuman.

2. Seleksi Administrasi
Pada saat sobat selesai melakukan registrasi dengan benar sobat akan mendapat Kartu pendaftaran online yang sobat bisa save dikomputer atau di print sebagai bukti telah melakukan pendaftaran dengan sah. Setelah melakukan registrasi secara online pada saat pendaftaran CPNS biasanya kita akan disuruh mengirimkan berkas persyaratan(Hard Copy) ke alamat instansi yang membuka CPNS. Dalam kasus CPNS Tahun ini CPNS Kemenkumham dan MA berikut yang akan dikirimkan dalam bentuk fisik lewat POS yaitu berupa fotokopi KTP atau kartu kependudukan lain jika KTP sedang proses, kemudian fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Surat lamaran tertulis juga perlu Anda masukkan ke dalam list tersebut, lengkap dengan lampiran berupa print out bukti registrasi berupa kartu pendaftaran registrasi, dan surat lamaran yang ditulis tangan dengan tanda tangan di atas materai Rp 6.000. Tidak lupa juga, pas foto berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, bagian belakang foto harus ditulisi nomor pendaftaran yang tepat. Jika semua syarat administrasi tersebut telah siap, masukkan ke dalam amplop cokelat yang di sudut kanan atas bagian depan ditempeli nomor registrasi online.

3. Tes Seleksi
Setelah sobat dinyatakan lulus Seleksi Administrasi yang dapat dilihat pada halaman pengumuman secara online dengan memasukan nomor registrasi dan password dan anda dinyatakan lulus maka hal yang selanjutnya sobat akan tempuh yaitu alur Tes Seleksi.
Beberapa tahun terakhir Tes CPNS sudah menggunakan computer (CAT) atau tes online CAT BKN. Tes selesksi secara online ini merupakan trobosan terbaru dari Pemerintah untuk mengurangi percaloan dan sogok menyogok dalam proses kelulusan CPNS serta dengan tes online paling tidak PNS yang lulus harus bisa computer. Dalam kasus CPNS Kemenkumham kali ini sebelum tes CAT, Anda harus melakukan tes dasar berupa tes seleksi kompetensi dasar, dan tes seleksi kompetensi bidang yang diadakan pada 18 hingga 22 September 2017, dengan waktu yang berbeda-beda sesuai wilayah. Alur pendaftaran CPNS 2017 berikutnya untuk tes CAT sendiri diadakan pada 4 sampai 7 Oktober. Tes lain seperti wawancara dan psikotes akan diadakan pada 16 sampai 21 Oktober 2017. Jika jadwalnya tidak mengalami kemunduran, maka pengumuman CPNS yang lulus akan dilakukan pada 31 Oktober 2017.

4. Pengumuman Kelulusan
Tahap ini adalah yang sangat dinanti-nanti  dengan berdebar-debar oleh rekan-rekan pendaftar CPNS. Setalah tahap yang panjang telah dilalui mulai dari registrasi hingga tes Online kini saat menanti pengumuman kelulusan CPNS yang biasanya sekarang diumumkan secara online melalui website panselnas menpan dan BKN.

Demikian informasi Tahap-tahap atau alur pendaftaran CPNS tahun 2017 yang seharusnya anda ketahui dan pahamai sebelum mendaftar menjadi CPNS.
Axact

Berita PNS Terbaru

Berita dan informasi seputar pns, info lowongan kerja, info cpns, pns, bumn, loker, honorer, menpan terupdate.

Post A Comment:

0 comments: